Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas
Pengertian Penelitian
Pengertian penelitian (research) merupakan sebuah upaya menemukan pengetahuan baru, dalam perkembangannya penelitian juga dapat didefinisikan sebagai usaha menemukan jawaban secara ilmiah dari sebuah masalah yang dihadapi, namun bisa juga dapat diartikan sebagai suatu inovasi ilmiah atau masukkan baru dalam memaksimalkan hasil sebelumnya. Oleh karena itu pengetahuan yang bersifat ilmiah diperoleh melalui sebuah proses dari berbagai pendekatan ilmiah dan dibangun diatas teori tertentu. Adapun teori yang berkembang melalui penelitian yang sistematis akan dapat di uji validitas dan realiabilitasnya, artinya jika penelitian tersebut dilakukan oleh peneliti dengan metode dan kondisi yang sama akan diperoleh hasil yang objektif dan tidak bersifat subyektif. Pada umumnya penelitian terdiri dari beberapa langkah utama seperti : a) melakukan kajian terhadap permasalahan, b) melakukan kajian teoritis dari permasalahan untuk kemudian secara deduksi dirumuskan menjadi hipotesis dari masalah yang dihadapi, 3) mengumpulkan data empiris guna pengujian hipotesis, 4) mengadakan uji hipotesis, dan 5) membuat kesimpulan.
Penelitan Tindakan Kelas Merupakan Bagian dari Penelitian Tindakan
Pada umumnya tujuan penelitian tindakan dapat dikelompokkan menjadi sebagai berikut :
- Penelitian tindakan partisipasi (paricipatory action research), yang merupakan atau menekankan pada keterlibatan masyarakat agar berpartisipasi atau ikut serta dalam program kegiatan yang sedang dilaksanakan, seperti ikut aktif memecahkan masalah berbasis masyarakat.
- Penelitian tindakan kritis (critical action research) yang menekankan adanya niat tinggi untuk bertindak memecahkan masalah kritis.
- Penelitian tindakan institusi (institutional action research), merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pihak pengelola sekolah sebagai sebuag organisasi pendidikan untuk meningkatkan kinerja, proses, dan produktivitas lembaga, dan
- Penelitian tindakan kelas (classroom action research), yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru, bekerja sama dengan peneliti (atau dilakukan oleh guru sendiri yang bertindak sebagai peneliti), di kelas atau di sekolah tempat guru mengajar dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan prose pembelajaran.
- Penelitian merupakan aktivitas mencermati suatu objek tertentu melalui metode ilmiah dengan mengumpulkan data - data dan dianalisis untuk menyelesaikan suatu masalah,
- Tindakan merupakan suatu aktivitas yang sengaja dilakuka dengan tujuan tertentu yang berbentuk siklus kegiatan dengan tujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan utu atau kualitas proses pembelajaran, dan
- Kelas merupakan sekelompok siswa yang dalam waktu yang sama menerima pelajaran yang sama dari seorang guru.
- Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam kegiatan pembelajaran yang alami, dimana penelitian tindakan kelas dilakukan tanpa mengubah situasi dan jadwal pelajaran pada suatu kelas
- Adanya inisiatif guru atau peneliti untuk memperbaiki proses pembelajaran
- Menggunakan analisis SWOT (Strengh, Weaknesses, Opportunity, dan Threat) sebagai dasar bertindak
- Usaha secara kongkret
- Merencanakan dengan SMART. S: spesifik,khusus, tidak terlalu umum atau luas, M: Managable, dapat dikelola dan dilaksanakan, A: Acceptable, dapat diterima dilingkungan, R: realistic, operasional atau tidak diluar jangkauan, dan T: time-bound, diikat oleh waktu atau terencana.

Post a Comment for "Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas"