Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sumber Belajar IPS

ilustrasi edukasi.kompas.com

Sumber Pembelajaran Cetak
Buku teks (Textbook)
Buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan buku standar dan disusun oleh pakar dalam bidang tersebut dengan maksud - maksud dan tujuan instruksional, serta dilengkapi dengan sarana - sarana pengajaran yang mudah dipahami oleh para pemakainya di sekolah - sekolah maupun perguruan tinggi sehingga dapat menunjang program pengajaran yang ingin dicapai.

Jurnal
Jurnal merupakan publikasi ilmiah yang berisi kumpulan artikel atau laporan penelitian yang khas, pada umumnya terdiri dari abstrak, deskripsi, tinjauan literatur, metodologi, hasil analisis, temuan, simpulan dan saran secara sistematik mengikuti aturan standar dan kaidah penulisan ilmiah tertentu yang ditinjau oleh tim peninjau sebelum di lanjutkan ke tim editor jurnal.

Surat Kabar
Surat kabar atau pers merupakan salah satu media massa yang terdiri dari selembaran informasi maupun berita yang terjadi dimasyarakat maupun seluruh dunia yang tercetak secara aktual dan mengandung nilai untuk diketahui khalayak pembaca.

Majalah
Majalah merupakan salah satu jenis media massa yang terdiri dari selembaran informasi maupun berita yang telah disatukan, tidak ada ketentuan baku dalam penyusunan isi sebuah majalah. Macam - macam majalah yang sering dijumpai di masyarakat :

  • Majalah bergambar ; majalah yang memuat berita berdasarkan gambar (ilustrasi) suatu peristiwa atau sebuah karangan khusus berisikan foto - foto.
  • Majalan berita ; majalah yang diterbit berkala yang menjadi sumber berita dengan suatu gaya tulisan khas dilengkapi dengan foto - foto dan gambar sebagai ilustrasinya.
  • Majalah keagamaan ; majalah yang isinya khusus mengenai keagamaan.
  • Majalah wanita ; berisikan informasi tertentu khusu mengenai dunia wanita, seperti mode, resep masakan, kekeluargaan dan sebagainya.
Novel
Novel adalah suatu bentuk karya sastra yang berbentuk prosa yang memiliki dua unsur, yakni instrinsik dan ekstrinsik. Novel pada umumnya lebih panjang dari isi cerpen dan tidak mempunyai batasan struktual sajak. Penulis sebuah novel tertentu biasanya disebut sebagai novelis. Berbagai jenis novel yang lazim ditemui dimasyarakat :
  • Novel Fiksi ; novel yang tidak nyata atau tidak terjadi dalam kehidupan nyata.
  • Novel non fiksi ; novel yang pernah terjadi dalam kehidupan nyata.
  • Novel romantis ; novel yang menceritakan kisah atau cerita tentang kasih sayang atau cinta.
  • Novel horror ; novel yang menceritakan kisah atau cerita tentang hal yang menyeramkan.
  • Novel komedi ; novel yang menceritakan atau cerita humor atau lucu.

Post a Comment for "Sumber Belajar IPS "