Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis - Jenis Landasan Filosofis Pendidikan Dasar

gambar koleksi google

Peranan landasan filosofis pendidikan dasar adalah memberikan rambu-rambu apa dan bagaimana seharusnya pendidikan dilaksanakan pada tingkat dasar. Rambu-rambu tersebut bertolak pada kaidah metafisika, epistemology dan aksiologi pendidikan sebagaimana studi dalam filsafat pendidikan. Landasan filosofis pendidikan dasar tidaklah satu melainkan beragam sebagaimana ragamnya aliran filsafat. Sebab itu, dikenal adanya landasan filosofis pendidikan Idealisme, landasan filsofis pendidikan Pragmatisme, dan sebagainya.

Landasan Filosofis ini memiliki kedudukan yang penting dalam melihat suatu fenomena atau persoalan dengan sebenar-benarnya sehingga dapat menjadi penyelesaian secara bijak dan akurat.

Menurut Ella Yuliawati, bahwa setiap aliran filsafat memiliki karakteristik masing-masing :
  1. Perenialisme, aliran ini menekankan kepada keabadian, keidealan, kebenaran dan keindahan dari pada warisan budaya dan dampak sosial tertentu. Disini guru memberikan kedudukan yang sama kepada semua siswanya, adil dalam memberikan perlakuan dan perehatian.
  2. Esensialisme, menekankan pentingnya pewarisan budaya dan pemberian pengetahuan dan keterampilan pada peserta didik agar dapat menjadi anggota masyarakat yang berguna. Adanya mata pelajaran muatan lokal dan pendidikan karakter dalam praktik pendidikan dilandasi oleh filsafat esensialisme.
  3. Progresivisme, menekankan pada pentingnya melayani perbedaan individual, berpusat pada peserta didik, variasi pengalaman belajar dan proses. Guru sebagai pendidik tidak membedakan-bedakan dalam bertindak. Siswa berkebutuhan khusus berhak memberikan pendidikan yang sama dengan siswa normal lainnya. Menerapkan strategi pembelajaran yang menyenangkan dan menarik juga termasuk dalam memberikan pengalaman bagi siswa.
  4. Rekonstruktivisme, merupakan erabolarasi lanjut dari aliran progresivisme. disamping menekankan perbedaan individual, rekonstruksivisme lebih menekankan tentang pemecahan masalah dan berfikir kritis. Lahirnya pembelajaran berbasis sainstific aproach dan problem basic learning merupakan aplikasi dari filsafat rekonstruktivisme.
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, A.R.S.1991. Educational Theory, A Quranic Outlook (Alih bahasa:
Mutammam). CV Diponegoro; Bandung.
Butler, J. D. 1957. Four Philosophies and Their Practice in Education and
Religion
. Harper & Brothers Publishers;New York.
Hasan, F.1973. Berkenalan dengan Eksistensialisme. Pustaka Jaya; Jakarta.
John Wild. 1955. Education and Society, A Realistic View in Modern Philoshophies And    Educational, 54th Yearbook, Nation Society for The Study of Education. Chicago.
Mudyahardjo, R.1995. Filsafat Pendidikan (Sebuah Studi Akademik) Bagian I Orientasi Umum: Landasan Filosofis Pendidikan dan Filsafat Pendidikan sebagai Suatu teori Pendidikan. IKIP ;   Bandung.

Post a Comment for "Jenis - Jenis Landasan Filosofis Pendidikan Dasar"