Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Manfaat Bermain Lego Bagi Perkembangan Anak

ilustrasi mandira.id
Lego merupakan salah satu merek perusahaan mainan yang menjadi sarana permainan kreatif, edukatif  dan bermanfaat bagi perkembangan anak khususnya bagi otak. Suatu permainan yang mengedepakan kreasi dan wadah untuk menyalurkan imajinasi dalam sebuah permainan bongkar pasang. Anak - anak dapat menggabungkan blok - blok yang tersedia menjadi berbagai macam bentuk. Permainan bongkar pasang lego ini memiliki segudang manfaat yang dapat mengembangkan kecerdasan anak di berbagai usia. Dimana tanpa disadari begitu banyak manfaat permainan bongkar pasang lego yang perlu kita ketahui, yakni :

1. Mengenal warna, bentuk, dan ukuran 
Permainan bongkar pasang lego tersedia dalam berbagai warna, bentuk dan ukuran. Kita dapat menggunakan permainan bongkar pasang lego sebagai media pembelajaran. Contohnya tanyakan pada anak bentuk lego apa yang sedang anak mainkan atau kita juga bisa bertanya untuk mengambil salah satu lego berdasarkan ukuran ataupun warna yang kita tentukan.

2. Melatih motorik halus
Permainan bongkar pasang lego juga dapat melatih koordinasi antara tangan dan mata yang berkaitan dengan erat dengan motorik halus. Motorik halus ini sangat penting untuk keterampilan menggambar dan menulis anak saat memasuki usia sekolah dasar.

3. Mengembangkan imajinasi dan kreativitas
Menyusun bongkar pasang lego menjdi bentuk yang di inginkan akan mengembangkan kretivitas anak terasah dan imajinasinya akan lebih berkembang. Pemberian reward atau pujian setelah anak selesai menyusun suatu bentuk lego merupakan suatu upaya untuk lebih memotivasi anak untuk mengeksplor kemampuan daya ciptanya.

4. Meningkatkan kemampuan sosialisasi dan kerja sama 
Ketika anak bermain bongkar pasang lego bersama teman atau saudaranya, secara tidak langsung, anak berkomunikasi dan mengemukakan pendapat seperti ide, pengetahuan, masukan dan sebagainya dalam sebuah kelompok. Hal ini nantinya akan membuat anak menjadi lebih siap untuk bersosialisasi di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.

5. Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah
Merangkai permainan bongkar pasang lego menjadi suatu bentuk bangunan atau model tertentu, tak jarang membuat anak mengalami kesulitan. Hal ini meruapakan salah satu manfaat bermain, dimana salah satu fungsi lego bagi anak adalah melatih kemampuan anak dalam memecahkan masalah.

Post a Comment for "5 Manfaat Bermain Lego Bagi Perkembangan Anak"